Friday 23 November 2018

Seminar and Workshop: Intensive Reading, Tips and Strategies

Seminar kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Bahasa Inggris kali ini (Kamis, 22/11/2018) bertembat di Aula Kampus UBSI Salemba 22 dengan tema: Intensive Reading, Tips and Strategies.

Salah satu keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang yang belajar Bahasa Inggris adalah Reading, selain tentunya Writing, Speaking, dan Listening. Seminar kali ini, UBSI menghadirkan Didin Nuruddin Hidayat, M.A. TESOL, Ph.D. sebagai keynote speaker serta Sayyid Khairunas, S.S., M.Pd selaku pembawa acara sekaligus moderator pada kesempatan tersebut. Didin yang mengenyam pendidikan doctoral di University of Canberra, Australia, adalah juga seorang dosen PNS di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta sejak tahun 2006. Beliau mengutarakan bahwa kemampuan Reading atau membaca tidak akan pernah terlepas dari kehidupan kita sehari-hari. Terutama bagi para mahasiswa Bahasa Inggris yang sudah barang tentu kemampuan Reading akan diujikan pada setiap test kemampuan bahasa sebut saja TOEFL, TOEIC, GMAT, IELTS, dan sebagainya. Beliau memberikan contoh bagaimana kemampuan Reading ini sangat penting sehingga biasanya dijadikan mata kuliah sebanyak dua semester yaitu Intensive dan Extensive Reading. Lebih lanjut lagi, beliau juga menyampaikan bahwa dalam hal ini, terutama Intensive Reading, terdapat beberapa tekhnik yang dapat digunakan agar mampu mengolah suatu teks berbahasa inggris dengan baik, sebut saja tekhnik Skimming dan Scanning.



Meskipun tergolong agak sedikit rumit karena Intensive Reading menuntut kemampuan penguasaan kosakata dan pemahaman kolokasi bahasa inggris agar kita dapat memahami isi dari suatu bacaan, namun Reading bukan tidak mungkin untuk dikuasai. Menurut mahasiswa ketika ditanya oleh Didin mengenai apa pendapatnya tentang Reading, Beliau menjawab bahwa hal yang perlu ditekankan adalah bagaimana kita untuk mulai menyukai membaca, apapun itu entah komik, novel, atau artikel yang ada di internet. Kemudian yang harus dilakukan adalah mempelajarinya dengan serius serta mengaplikasikan tekhnik Skimming atau Scanning ke dalam kehidupan sehari-hari karena kita hidup bersama dengan aksara. Menurut beliau, hal tersebut akan membuat kita untuk terbiasa melakukan kegiatan membaca.


Seminar yang disampaikan dengan menggunakan Bahasa Inggris ini sangat membuat mahasiswa UBSI antusias. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta selama berlangsungnya acara. Jumlah mahasiswa yang mengikuti seminar reading ini mencapai 163 mahasiswa, menunjukan bahwa tema yang diusung termasuk menarik minat peserta. Selain temanya yang menarik, pembicara yang kompeten karena juga memberikan contoh-contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari, menjadi faktor pendukung suksesnya acara ini.




Peserta yang mengikuti workshop ini adalah mahasiswa program studi bahasa Inggris semester 1 yang juga mendapat mata kuliah Intensive Reading, sehingga seminar ini diharapkan mampu menambah dimensi cakrawala pikiran mereka terhadap mata kuliah tersebut.


 [Sayyid-UBSI]

No comments:

Post a Comment

Thanks for the input! :)